Setelah anda dan pasangan bertunangan, merencanakan pernikahan menjadi prioritas anda dan selanjutnya. Sebagai pasangan yang baru pertama kali menikah, sangat normal jika anda dan pasangan merasa kewalahan dengan banyaknya hal yang harus diatur sebelum hari pernikahan tiba. Merencanakan pernikahan membutuhkan waktu yang lama yang akan mencuri waktu dari pekerjaan anda. Jika anda berada di awal perjalanan perencanaan pernikahan, berikut 4 tips untuk membantu anda merencanakan pernikahaan tanpa stress.

  1. Cantumkan prioritas utama anda. Ketika anda membayangkan pernikahan anda, apa hal utama yang terlintas dalam pikiran? Apakah gaun pernikahan, potografernya, venue dan dekor, atau makanan untuk tamu? Jika anda dapat membuat daftar prioritas anda lebih awal dengan pasangan anda, anda dapat memfokuskan energi anda pada ide-ide utama anda tersebut. Apabila hal-hal menjadi tidak terkendali, anggaran membengkak dan banyak pendapat dari orang-orang, anda dapat meninjau kembali daftar anda dan fokus pada apa yang benar-benar penting untuk pernikahan anda. Daftar utama anda akan menjadi suatu yang akan anda bagikan tidak hanya dengan pasangan anda, tetapi mereka yang ada di perjalanan pernikahan anda seperti wedding organizer, MUA, dan vendor lainnya. Jadi penting untuk menetapkan serangkaian prioritas yang jelas sejak awal.
  2. Pahami anggaran dan daftar tamu anda. Pada tahap awal, seringkali bagian paling menegangkan dari proses perencanaan pernikahan adalah memilih siapa yang akan anda undang. Anda dapat mengadakan pesta pernikahan impian anda dengan anggaran berapapun, itu semua tergantung pada berapa banyak tamu yang akan anda undang, dimana anda mengadakannya dan kapan, gaya pernikahan seperti apa yang anda inginkan. Sebelum anda memutuskan semua itu, anda bisa berbincang dengan pasangan anda dan orang-orang yang turut serta bergabung dalam merencanakan pernikahan anda untuk menghitung kisaran jumlah dana yang mampu anda keluarkan untuk memastikan anda tidak meninggalkan siapapun dari daftar tamu. Penting untuk menyusun anggaran dan daftar tamu anda, karena ini akan menentukan di mana anda akan memulai pencarian tempat pernikahan anda. 
  3. Menggunakan jasa wedding organizer. Jika anda ingin mengerjakan semua sendiri, ingatlah bahwa ini membutuhkan banyak pekerjaan dan anda memerlukan rencana serangan yang ekstensif untuk melakukan sesuatu dengan baik. Jika ini adalah pertama kalinya anda merencanakan acara besar, jangan hatuh ke dalam perangkap meremehkan beberapa orang yang terlibat. Seringkali orang yang berpikri hanya memesan tempat, memesan fotografer, dan gaun pernikahan. Tetapi itu semua hanyal hal kecil yang membuat pernikahan benar-benar berjalan. Sebagai pengantin, anda ingin menikmati hari besar dan minggu-minggu menjelang pernikahan. Alih-alih berlarian dan menekankan tentang semua detail. Jika bisa mengapa tidak menggunakan tenaga professional seperti wedding organizer untuk menghilangkan stress menjelang pernikahan anda. Wedding organizer professional telah melakukan hal ini berulang kali dan tahu cara menambahkan sentuhan kecil yang akan membuat hari anda benar-benar istimewa. 
  4. Buat tim impian anda. Kunci pernikahan yang sempurna adalah memilih vendor yang paling cocok dengan anda dan memahami gaya pernikahan anda. Pilih orang-orang yang terhubung dengan anda. Sangat penting jika para venor menyatu dengan kepribadian anda yang mengarah ke pendekatan yang lebih nyaman pada hari pernikahan. Ingatlah hal ini saat anda mendapatkan penawaran karena terkadang yang termurah tidak sesuai dengan kebutuhan anda di hari pernikahan anda. Jika bisa, pilihlah vendor yang pernah bekerja sama sebelumnya, atau minta referensi dari orang terdekat yang sudah pernah menggunakannya. Ini akan memberikan anda ketenangan pikiran mengetahui bahwa mereka akan tetap bersama pada hari pernikahan anda untuk memastikan semua menjadi sempurna. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *